Kamis, 15 April 2010

PERTANIAN

Dinas Pertanian Tanaman Pangan

Visi

Terwujudnya masyarakat tani yang tangguh, modern, berorientasi agribisnis dan berwawasan lingkungan menuju masyarakat madani

Visi tersebut diatas mengandung beberapa makna sebagai berikut:

  1. Keluarga tani adalah orang atau sekelompok orang yang memiliki hubungan kekeluargaan/kekerabatan yang berkumpul dalam sebuah rumah tangga yang berpenghasilan dari sub pertanian tanaman pangan dan hortikultura.
  2. Tangguh, dimaksudkan tahan terhadap situasi dan kondisi minim dan mampu mencari jalan keluar dari segala permasalahan.
  3. Modern, mengandung makna mampu menerapkan ilmu dan teknologi tepat guna.
  4. Berorientasi Agribisnis, dalam arti produk usahatani yang dihasilkan berdaya saing tinggi dalam segmen pasar.
  5. Berwawasan lingkungan, mengandung arti bahwa dalam berusaha tani senantiasa memperhatikan kelestarian lingkungan.
  6. Masyarakat madani, adalah masyarakat yang mandiri, beriman, berilmu, bertaqwa dan sejahtera.

Misi

Misi adalah suatu tindakan yang harus dilakukan agar visi organisasi menjadi kenyataan. Adapun misi yang diemban oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan profesionalisme aparatur dan kinerja institusi pertanian dalam upaya menciptakan pelayanan prima.
  • Meningkatkan pengeloaan sumberdaya lahan, air dan teknologi dalam upaya optimalisasi produksi dan pelestarian agroekologi.
  • Memantapkan swasembada beras serta meningkatkan produksi komoditi tanaman pangan dan hortikultura yang mempunyai nilai ekonomis tinggi dan strategis (jagung, durian, pisang dan rambutan).
  • Mengembangakan jaringan kerjasama kemitraan petani, pengusaha, dan LSM untuk mencapai pola agribisnis yang efisien.

Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai tugas pokok membantu Kepala Daerah dalam melaksanakan, membina dan mengkoordinasikan kegiatan pengembangan sub sector pertanian tanaman pangan. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Dinas Pertanian Tanaman Pangan mempunyai fungsi :

  • Perumusan kebijakan teknis dibidang Pertanian Tanaman Pangan
  • Pemberian perijinan dan pelaksanaan pelayanan umum dibidang Pertanian Tanaman Pangan
  • Pembinaan terhadap unit Pelaksana Tekniis Dinas dan Cabang Dinas dibidang pertanian tanaman pangan
  • Pengelolaan urusan ketatausahaan Dinas Pertanian Tanaman Pangan

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus