Kamis, 15 April 2010

PERTANIAN

Fakultas Pertanian Unpad didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Muda PP&K RI No. 85633/S tanggal 1 September 1959. Sebagai bagian integral dari Universitas Padjadjaran, Fakultas Pertanian mempunyai komitmen yang tinggi untuk mengerahkan segenap potensi yang dimiliki melalui penerapan teknologi mutakhir maupun teknologi aplikatif untuk menunjang program pertanian yang berkelanjutan dalam pembangunan nasional.

Selain kurikulum inti sebagaimana yang sudah disepakati oleh Forum Pimpinan Fakultas Pertanian se-Indonesia, Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran juga melengkapinya dengan menambahkan kurikulum muatan lokal yang berisi matakuliah-matakuliah yang menjadi penciri dan keunggulan masing-masing program studi di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Kelengkapan kurikulum ini juga diikuti dengan pemutakhiran yang terus menerus pada materi ajar (course contents) dengan melakukan pembandingan (benchmarking) ke program studi yang sama di berbagai perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri.

Dua program studi yang baru, yaitu Agroteknologi dan Agribisnis menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan program studi lainnya. Kedua program studi tersebut menggunakan metode student centered learning (SCL). Metode pembelajaran ini menuntut mahasiswa untuk aktif dan mandiri dalam perkuliahan di mana dosen hanya berperan sebagai fasilitator.

Visi:
Fakultas Pertanian Unpad mempunyai komitmen terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, untuk mencapai pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Misi

  • Menghasilkan lulusan sebagai pemikir dan pelaku pertanian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mengusai IPTEK tepat guna yang ramah lingkungan, terampil dan handal peduli kepada nusa bangsa, almamater dan masyarakat pedesaan, serta inovatif dalam mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  • Menciptakan masyarakat ilmiah yang kondusif melalui kegiatan proses belajar mengajar, riset dan pengabdian kepada masyarakat melalui jalinan kekeluargaan agar sivitas akademika serta kemitraan ilmiah dengan lembaga-lembaga di tingkat regional, nasional dan internasional.
  • Melaksanakan riset untuk menciptakan market, serta menyebarluaskan acuan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kondisi agroekologi yang beragam dalam mendayagunakan potensi sumber daya pertanian secara optimum dan berkelanjutan untuk mendukung pengembangan komoditas yang memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif melalui kegiatan agribisnis dan agroindustri.
  • Mengembangkan desa binaan dalam rangka penerapan paket teknologi spesifik yang sesuai dengan kondisi fisik dan sosial budaya masyarakat untuk mendukung industrialisasi pedesaan, yang ditujukan untuk memperoleh nilai tambah bagi produk-produk yang memiliki nilai potensi pasar dan bernilai ekonomi tinggi sehingga akan meningkatkan pendapatan, kesempatan kerja, serta kegiatan ekonomi pedesaan.
  • Memberikan masukan kepada pemerintah pusat dan daerah dalam menentukan arah kebijakan pembangunan pertanian melalui pengkajian terhadap aspek potensi sumber daya pertanian, sosial budaya, pergeseran lingkungan strategis, peluang dan tantangan masa depan dalam upaya memperdayakan pertanian dan masyarakat pedesaan.

Terdapat 23 orang guru besar yang membina Fakultas Pertanian Unpad dari 174 orang tenaga edukatif, yaitu:
1. Prof. Dr. Ir. H. Burhan Arief
2. Prof. Dr. Ir. H. M. Nad Darga Talkurputra
3. Prof. Dr. Ir. Hj. Aisyah D. Suyono
4. Prof. Dr. Ir. H. Tuhpawana Priatna Sendjaja
5. Prof. Dr. Ir. H. Oktaf Ramlan Madkar
6. Prof. Dr. Ir. H. Entun Santosa
7. Prof. Dr. Ir. Hj. Dedeh Hudaya Arief
8. Prof. Dr. Ir. Sadeli Natasasmita
9. Prof. Dr. Ir. Murdaningsih, M.Sc
10. Prof. Dr. Ir. H. E. Hidayat Salim, M.S.
11. Prof. Dr. Ir. Tarya J. Sugarda, M.S
12. Prof. Dr. Ir. Hj. Yuyun Yuwariah, A.S., M.S.
13. Prof. Dr. Ir. Amir Hamzah Soemintapoera
14. Prof. Dr. Ir. H. Mahfud Arifin, M.S.
15. Prof. Dr. Ir. Maman Haeruman Karmana, M.Sc.
16. Prof. Dr. Ir. Hj. Tati Nurmala
17. Prof. Dr. Ir. Aos M. Akyas
18. Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA
19. Prof. Ir. Tarkus Suganda, M.Sc., Ph.D.
20. Prof. Dr. Ir. H. Denny Kurniadie, M.Sc.
21. Prof. Dr. Ir. Tualar Simarmata, M.S.
22. Prof. Dr. Ir. Benny Joy, M.S.
23. Prof. Dr. Ir. E. Tadjudin Surawinata, M.Sc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar